Diduga Praktik Perdukunan, Ada 25 Makam Kondisi Bolong

Please follow and like us:

Reporter. : Andri Andtiansyah
Editor. : Redaksi

TASIKMALAYA- Klik7tv.COM Warga Kampung Pakemitan II, DesaPakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (8/11/2019) digegerkan dengan pembongkaran sejumlah makam di tempat pemakaman umum (TPU) Pakemitan.

Ada 25 makam yang ditemukan warga dalam kondisi bolong pada bagian bawah nisan dengan hampir sekitar 50 sentimeter.

Makam yang terlihat tidak dibongkar seluruhnya, hanya terlihat tanah di bagian letak palanisan bolong akibat sengaja ada penggalian.

Pengurus makam setempat, Anda Juanda (54), mengatakan, awalnya ia mendapat laporan dari warga yang hendak berziarah.

Warga itu melihat ada tiga makam yang terlihat dalam kondisi bolong di bagian dekat nisan.

Anda kemudian mengecek sekitar 500 makam di TPU tersebut, ternyata 25 makam ditemukan sudah dalam kondisi ada yang menggali di bagian kepalanya.

Sejumlah makam di tempat pemakaman umum ( TPU ) di Kampung Pakemitan II, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya ada yang menggali secara misterius, Jumat (9/11/2019). (dokumen Polsek Cikatomas)

Penggalian itu secara acak, tidak berdekatan antara satu makam dengan makan lainnya.

“Setelah dicek total ada 25 makam yang terbuka,” kata Anda kepada awak media, Sabtu (9/11/2019).

Menurut Anda, makam‑makam itu hanya terbuka pada bagian gundukan bawah nisan, dan tidak sampai pada jenazah di dalam makam.
Jadi tidak ada mayat yang dikeluarkan atau hilang.
Anda mengatakan, peristiwa serupa sebelumnya pernah terjadi beberapa waktu lalu sebelum pemilihan kepala desa (pilkades).
“Jadi ini kejadian kedua kali, beberapa minggu lalu sebelum pilkades ada dua makam yang ditemukan seperti kejadian kemarin,” katanya.
Peristiwa misterius yang pertama, ujar Anda, juga ditemukan pada Jumat beberapa pekan lalu

“Sepertinya malam Jumat ada yang ngorek. Itu juga saya tak tahu buat apa maksudnya,” katanya.lalu ia dan warga sekitar mengira hal itu akibat hewan yang berkeliaran di sekitar makam.
Tapi dengan adanya peristiwa kedua kalinya ini kemungkinan memang ada yang sengaja melakukan hal itu terhadap sejumlah makam.

Pihak keluarga almarhum dan masyarakat sekitar secara gotong royong telah membetulkan kembali makam‑makam tersebut. Anda pun sudah melaporkan ke polisi.
Polres Tasikmalaya menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan kasus ini.

“Kami sudah bentuk tim gabungan baik itu dari polres, polsek, dan satuan intelejen yang kami terjunkan ke lapangan untuk menyelidiki masalah ini,” kata KapolresTasikmalaya AKBP Doni Eka Putra di Mapolres, Sabtu sore

Please follow and like us:
Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Diduga Praktik Perdukunan, Ada 25 Makam Kondisi Bolong"